Followers

Kamis, 09 November 2023

Kuliner Khas Jakarta By Aaron Jeconiah Hanson


 KULINER KHAS JAKARTA


    Kota Jakarta merupakan kota besar yang pendduk aslinya merupakan suku Betawi, Makanan khas Jakarta adalah makanan yang dipengaruhi oleh beberapa budaya, seperti Arab, Cina, dan Eropa, sehingga rasa makanan Betawi sendiri sangat khas dan gurih.

Nah, berikut ini adalah makanan Jakarta yang wajib kamu coba;


1. Kerak Telor



Makanan
Betawi satu ini terbuat dari beras ketan putih dan telur ayam atau bebek yang dibakar sampai mengerak di atas tungku arang khusus.

Setelah matang, kerak telor akan diberi tambahan serundeng kelapa, ebi goreng, bawang goreng, dan berbagai rempah-rempah lainnya yang semakin memperkaya rasa.

Cara pembuatan kerak telor ini juga cukup unik karena saat telur telah menjadi setengah matang, maka wajan akan dibalik sehingga akan terkena bara api langsung.


2. Nasi Uduk

  
    Nasi uduk terbuat dari beras putih yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti santan, daun serai, daun salam, daun jeruk, dan garam.  
Biasanya nasi uduk ini dimakan dengan tambahan lauk seperti telur dadar, ayam goreng, empal, perkedel, atau semur jengkol.

Salah satu kedai yang menjual makanan khas DKI Jakarta ini adalah Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani. Meskipun banyak kedai serupa di wilayah Kebon Kacang, menurut warga setempat, nasi uduk kebon kacang yang asli adalah kedai miliki Zainal Fanani.


3. Gado-Gado


    Pada dasarnya, gado-gado terbuat dari sayur mayur beserta lontong dan kentang yang disiram dengan kuah kacang sebagai rasa khasnya dan ditaburi bawang goreng serta diberikan topping kerupuk. 

    Di Jakarta, cukup mudah menemukan makanan ini karena banyak dijual di gerobakan seperti di pinggir jalan atau biasa juga ada restoran khusus yang menjual gado-gado ini.



4. Soto Betawi


    Soto betawi merupakan makanan khas betawi yang terbuat dari kuah santan dengan isi daging sapi, tomat, dan kentang. Daging sapi di soto betawi ini sangat empuk dan kuahnya pun sangat gurih, sehingga cita rasa soto betawi ini sangat unik.

Sebagai teman menyantap soto betawi, sepiring nasi putih hangat tentu akan menjadi kombinasi yang cocok. Untuk menemukan soto betawi di Jakarta tidak terlalu sulit. Hampir semua food court atau pusat kuliner terdapat penjual soto betawi.


5. Laksa Betawi




    Laksa Betawi ini terbuat dari bahan dasar ketupat dan bihun dengan kuah santan berbumbu kaya rempah dan udang rebon. 
Untuk menambah selera, laksa betawi juga bisa dinikmati dengan menambah lauk seperti tahu, perkedel, jengkol, telur, hingga daging semur. Untuk rasa, laksa Betawi ini memiliki ciri khas rasa yang manis dan gurih.

    Laksa betawi ini sebenarnya berasal dari daerah Cibinong yang kemudian merambah ke Jakarta dan dinamakan dengan laksa betawi.


        Kelima makanan diatas adalah makanan khas Jakarta (Betawi) yang terkenal dan mudah dicari di Jakarta.



#kulinerjakarta #jakartamantap #guejakarta #betawiasli #sotobetawi #jakartapusatkuliner
#keraktelor





6 komentar:

  1. Saya jadi teringat makan nasi uduk dan soto betawi bersama Habib Rizieq Shihab beberapa tahun lalu.

    BalasHapus
  2. Jadi inget dulu pernah traktir selingkuhan pacar saya makan gado gado.. 😁

    BalasHapus
  3. Plisss dehhh kerak telor tuh udh pasti aku makan kalo lagi ke PRJ🤭 terus nasi uduk biasanya kalo pagi dan mamaku GK masak langsung dibeliin nasi uduk🤩👍🏼

    BalasHapus

Makanan Khas Sumatra Barat By Johnathan Susanto

  Makanan Khas Padang Rendang Rendang adalah olahan daging sapi yang dimasak dalam waktu lama dengan bumbu rempah-rempah. Rendang khas Padan...