Followers

Kamis, 09 November 2023

Kuliner Khas Palembang By Michael Wijaya

 6 Makanan Khas Palembang Enak dan Lezat

Palembang dikenal sebagai kota wisata kuliner yang menyediakan berbagai pilihan makanan khas dengan cita rasa otentik. Makanan tradisional Palembang dipengaruhi oleh berbagai budaya dan memiliki kekhasan tersendiri. Berikut 6 makanan khas Palembang yang paling terkenal enak dan patut dicoba. 

1. Pempek 

Makanan ikonik Palembang ini terbuat dari ikan yang digiling halus dan dicampur dengan tepung sagu, garam, dan air. Kemudian, adonan ini dibentuk menjadi berbagai macam bentuk seperti telur, lenjer, atau kapal selam, sebelum direbus atau digoreng. Pempek disajikan dengan kuah cuka pedas dan ditambahkan dengan ebi atau bubuk udang kering untuk memberikan cita rasa gurih. Ada beberapa variasi pempek yang populer seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek adaan.


2. Tekwan 

Tekwan adalah hidangan sup khas Palembang dengan bola ikan kenyal dan mie bihun dalam kuah kaldu ikan gurih berempah. Bola ikan terbuat dari daging ikan digiling dengan tepung sagu atau terigu, sementara kuah kaldu menggunakan bawang putih, ebi, dan merica. Biasanya disajikan dengan daun seledri dan bawang goreng untuk memberikan aroma dan rasa khas.

3. Laksan

Laksan merupakan salah satu makanan khas Palembang, makanan ini terbuat dari ketan yang diolah dengan cara direbus dan dilapisi kelapa parut. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah santan kental kaya akan rempah-rempah. Rasanya begitu manis dan gurih, membuat Laksan menjadi makanan istimewa di Palembang.





4. Mie Celor

Mie celor juga merupakan outliner Palembang yang terkenal. Mie celor Palembang adalah mie kuning dengan kuah santan gurih. Biasanya disajikan dengan telur rebus, udang, tauge, dan kerupuk udang sebagai pelengkapnya. Kuahnya kaya rasa karena memakai bumbu rempah seperti bawang putih, ebi, dan kemiri.



5. Pindang Patin 

Pindang patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dalam kuah asam pedas. Pindang ikan patin memiliki daging yang lembut dan gurih. Kuah asam pedasnya yang segar dan pedas membuat hidangan ini begitu menggugah selera. Biasanya, pindang patin disajikan dengan nasi hangat dan sambal untuk menambah kelezatannya.


6. Lakso

Lakso Palembang memiliki penyajian dan kuah khas berwarna merah menyala yang disebabkan dari rempah-rempah seperti ebi dan cabai merah yang diuleg. Isian lakso berupa mie putih kenyal juga sangat menggugah selera. Kuahnya yang segar dengan aroma rempah yang kuat sangat khas Palembang sekali.




Itulah 5 makanan khas Palembang yang terkenal akan kelezatan rasanya. Jika berkunjung ke Palembang, jangan lupa mencicipi berbagai kuliner otentikkhas daerah ini.

#Palembang#MakananKhasPalembang#KulinerPalembang#Pempek#Tekwan#Laksan#MieCelor#PindangPatin#Lakso






















5 komentar:

  1. 10 september 2023 lalu sangat disayangkan saya tidak jadi ke Palembang untuk mencicipi kuliner disana terutama Pindang Patin dan bertemu langsung dengan insyaallah presiden 2024 kita Pak Anies Baswedan yang mengadakan senam sehat bersama.

    BalasHapus
  2. Pempek emg lezat bgt, sampe pernah rebutan sama adekk

    BalasHapus

Makanan Khas Sumatra Barat By Johnathan Susanto

  Makanan Khas Padang Rendang Rendang adalah olahan daging sapi yang dimasak dalam waktu lama dengan bumbu rempah-rempah. Rendang khas Padan...