Followers

Minggu, 01 Oktober 2023

5 Kuliner Khas Pulau Nias By Trinatalis Gulo

Pada dasarnya, makanan tradisional dari Nias adalah kumpulan sajian tertentu yang identik dengan daging babi, ikan dan olahan hewan laut. Perbedaan paling mencolok dibandingkan kuliner dari daerah lain adalah proses pembuatannya yang punya teknik memasak sendiri.

1.     1. Ni Unago


Bagi pecinta kuliner pork, makanan tradisional asli dari Pulau Nias yang satu ini harus kamu cicipi. Bawi Ni Unago merupakan makanan berat yang terbuat dari daging b2 yang diasapi dalam kurun waktu 6-8 jam, ditambah dengan campuran bumbu dasar, cabai, bawang dan bumbu rempah sehingga menciptakan santapan nikmat.

2.  Nibini Ogo

Dalam bahasa Nias, Nibini Ogo berarti sejenis makanan tradisional yang cara memasaknya menggunakan media daun pisang muda. Sebut saja pepes versi Nisel. Nah isinya tergantung selera, bisa daging atau boleh juga ikan laut/tawar.

Nibini Ogo yang sudah diolesi bumbu secara merata kemudian dibungkus rapat, tujuannya tidak sekadar agar tidak terkena asap atau debu sesaat sebelum dipanggang. Setelah 20 menit, makanan unik dari dataran rendah Nias siap disajikan.

1.     3. Nifalogu


Nasi di Nias sama saja dengan nasi khas Nusantara. Tetapi nasi yang dinamakan Fakhe Nifalogu ini adalah masakan tradisional dari Nias bagian Utara yang luar biasa unik. Apa sebabnya? Jika masyarakat luar menanak nasi dengan dandang, maka Fakhe Nifalogu justru ditanak di dalam periuk tanah liat. Setelah dimasak matang di atas bara api, nasi langsung ditaruh ke permukaandaun pisang kepok dengan posisi terbalik.

Fakhe Nifalogu menjadi suatu simbol jika di suatu kampung sedang berlangsung pesta yang disertai dengan upacara tradisional suku Nias. Namun sekarang, makanan ini sudah dimasyarakatkan. Bahkan di Gunung Sitoli, sudah ada rumah makan yang menyediakan menu tersebut.

1.     4. Harinake


Jika membahas tentang makanan tradisional Nias bagian Utara dan Barat, sajian kuliner bernama Harinake adalah salah satu menu yang memiliki filosofi adat. Masakan ini hanya dihidangkan tatkala menyambut kedatangan taru terhormat yang masih berada pada jalur sistem kekerabatan.

Harinake sendiri dibuat dari daging babi atau ikan yang dicacah hingga berukuran kecil dan tipis. Makanan berkuah ini biasa disantap oleh keluarga besar. Umumnya, penduduk Nias Utara menjadikan makanan tradisional ini sebagai lauk nasi.

1.     5. Hambae Nititi


Hambae Nititi yang dibuat dari daging ikan kepiting ini adalah panganan seafood khas Nias yang banyak dihidangkan oleh masyarakat di Kepulauan Hinako. Masakan ini wajib masuk daftar kuliner favorit karena kelezatan dan cita rasanya yang begitu spesial.

Makanan di Nias memang dipengaruhi oleh letaknya yang dikelilingi oleh laut dan samudera. Begitu juga dengan Hambae Nititi sendiri yang merupakan hasil olahan laut bersantan yang dimasak dengan cara tradisional.

Itulah 5 Kulineran khas dari Pulau Nias yang wajib, dicoba ketika berkunjung ke Pulau Nias.

6 komentar:

  1. Paling Enak Ni Unago 😍😍😍

    BalasHapus
  2. Insya Allah saat peresmian Pak Anies Baswedan akan saya bagikan Harinake kepada Palestina serta pendukung-pendukung Palestina terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  3. π™ΏπšŽπš—πšπšŽπš— πš–πšŠπš”πšŠπš— 😍😍😍

    BalasHapus
  4. Blom prnh coba, tp klo diliat dr covernya si enak, smoga bisa cobain

    BalasHapus

Makanan Khas Sumatra Barat By Johnathan Susanto

  Makanan Khas Padang Rendang Rendang adalah olahan daging sapi yang dimasak dalam waktu lama dengan bumbu rempah-rempah. Rendang khas Padan...